RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Mata Pelajaran : OPKR 40-016B (balancing roda dan sporing)
Kelas/Semester : XII / I
Pertemuan ke : 19
Alokasi Waktu : 6 X 45 menit
Standar Kompetensi : Balans roda / ban dan sporing.
Kompetensi Dasar : Membalans roda/ban
I. Tujuan Pembelajaran :
Siswa diharapkan dapat :
A memahami tujuan membalans roda dengan benar.
B menjelaskan prosedur membalans roda/ban sesuai SOP dan K3 .
II. Materi Ajar :
A Konstruksi roda/ban.
B Mengidentifikasi peralatan balans roda / ban.
C Prosedur membalans roda / ban.
III. Metode Pembelajaran : Ceramah, tanya jawab, tugas, dikusi.
IV. Langkah – Langkah Pembelajaran :
A Kegiatan awal :
1. Memberikan salam
2. Memimpin do’a
3. Melakukan apersepsi
4. Menyampaikan materi
B Kegiatan inti :
1. Menguraikan sistematika pembelajaran baru
2. Menjelaskan materi meliputi :
a. Konstruksi roda/ban.
b. Prosedur pembongkaran, pemasangan roda dengan alat sederhana dan
pneumatik.
c. Membalans roda dengan alat balancing.
C Kegiatan akhir :
1. Mendiskusikan materi
2. Menyimpulkan/rangkuman pembelajaran
3. Menyampaikan topik materi yang akan datang
4. Menutup kegiatan pembelajaran dengan berdo’a bersama
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar:
A modul, whell balancing, mesin pembalans, balancing weight, unit kendaraan.
VI. Penilaian :
A test tulis.
B praktek.