Selasa, 16 Oktober 2012


Seputar Rem pada Mobil

Posted in Komponen Mobil
rem mobilRem Mobil merupakan sesuatu yang sangat penting dalam onderdil mobil tanpa menggunakan rem, mustahil sebuah mobil bisa sampai pada tujuannya dengan selamat. Karena rem mempunyai peran yang sangat krusial atau penting dalam sebuah mobil, banyak majalah otomotif yang membuat artikel-artikel yang membahas secara detail cara memasang, merawat sebuah rem mobil serta sistem kerja dari sebuah rem.
Biasanya majalah yang menyediakan artikel yang membahas rem mobil pasti juga membahas tentang artikel rem absartikel rem tromol, dan artikel rem hidrolik. Inilah penjelasan dari artikel rem abs, artikel rem tromol dan artikel rem hidrolik yang sering dibahas dalam sebuah majalah :Click here to read more.. »
comments: 2 »
May3

Mengenal komponen rem mobil

Posted in Komponen Mobil
Bagi pemilik kendaraan bermotor baik roda empat maupun roda dua, sangatlah diwajibkan untuk mengenal dan memahami prinsip dasar serta kinerja perangkat rem yang berada pada kendaraannya agar dapat melakukan perawatan serta service rutin, mengingat perangkat rem merupakan komponen yang sangat vital dimana fungsinya adalah sebagai komponen penghambat serta penghenti laju kendaraan bermotor.
Banyak berbagai sumber baik di media cetak mapun eletonik yang membahas mengenai artikel rem ABS, artikel rem tromol, dan artikel rem hidrolik. Di sini kita akan kembali membahas kembali jenis serta fungsi berbagai macam rem beserta perawatannya.
Rem ABS atau kepanjangan dari Anti Break Lock System, merupakan perangkat rem canggih yang sudah diaplikasikan pada mobil–mobil modern dimana perangkat rem tersebut memiliki sensor yang terhubung pada perangkat ECU atau Engine Computer Unit, untuk mencegah penguncian roda pada saat melakukan pengereman.
Cara kerjanya adalah saat dilakukan pengereman mendadak pada jalur lintasan yang licin maka sebelum roda terindikasikan mengunci, sensor yang mendeteksi roda akan terkunci tersebut memerintahkan ECU untuk melakukan pengembalian tekanan minyak pada kaliper rem sehingga gejala roda terkunci saat dilakukan pengereman yang mengakibatkan selip pada mobil dapat terhindari.
Efek yang terasa pada saat rem ABS tersebut bekerja adalah getaran ataupun denyut pada pedal rem saat dilakukan pengereman mendadak, perawatan rem ABS cukuplah rumit dan hanya bisa dilakukan oleh bengkel–bengkel resmi, akan tetapi kita tetap diwajibkan melakukan perawatan rutin, seperti perawatan pada rem hidrolis biasa yaitu pengecekan ketinggian permukaan minyak rem serta ketebalan kampas rem, cek pula lampu indikator ABS pada dashboard yang seharusnya menyala pada saat kunci kontak diputar dan akan mati pada saat mesin menyala, serta lampu indikator tersebut akan menyala kembali pada saat dilakukan pengereman yang mendadak, namun apabila lampu indikator tersebut tidak bereaksi seperti yang telah disebutkan di atas maka segeralah untuk membawa mobil anda pada bengkel resmi terdekat.
Rem teromol adalah jenis komponen rem yang terdiri dari drum yang berisikan dua buah kampas rem kiri dan kanan, yang akan menekan secara bersamaan pada saat pedal rem diinjak, rem tersebut biasanya diaplikasikan pada mobil–mobil dengan tahun pembuatan lama, akan tetapi mobil–mobil modern masih menggunakan komponen rem tersebut dengan alasan untuk menghemat ongkos produksi dan dapat menekan harga penjualan, rem teromol memiliki kelemahan diantaranya adalah kurang pakemnya pada saat dilakukan pengereman serta rentan terhadap air dan kotoran, rem tersebut juga diwajibkan untuk melakukan penyetelan jarak kampas rem terhadap drum, tidak seperti rem cakram yang secara otomatis menyesuaikan jarak kampas dengan piringan, selain ongkos produksi yang murah rem teromol juga mililiki kelebihan yaitu mampu menerima beban kendaraan yang sangat berat, karena itu bis dan truck memakai rem teromol pada seluruh rodanya.

Pengikut