Seputar Rem pada Mobil

Biasanya majalah yang menyediakan artikel yang membahas rem mobil pasti juga membahas tentang artikel rem abs, artikel rem tromol, dan artikel rem hidrolik. Inilah penjelasan dari artikel rem abs, artikel rem tromol dan artikel rem hidrolik yang sering dibahas dalam sebuah majalah :Click here to read more.. »
May3
Mengenal komponen rem mobil

Banyak berbagai sumber baik di media cetak mapun eletonik yang membahas mengenai artikel rem ABS, artikel rem tromol, dan artikel rem hidrolik. Di sini kita akan kembali membahas kembali jenis serta fungsi berbagai macam rem beserta perawatannya.
Rem ABS atau kepanjangan dari Anti Break Lock System, merupakan perangkat rem canggih yang sudah diaplikasikan pada mobil–mobil modern dimana perangkat rem tersebut memiliki sensor yang terhubung pada perangkat ECU atau Engine Computer Unit, untuk mencegah penguncian roda pada saat melakukan pengereman.
Cara kerjanya adalah saat dilakukan pengereman mendadak pada jalur lintasan yang licin maka sebelum roda terindikasikan mengunci, sensor yang mendeteksi roda akan terkunci tersebut memerintahkan ECU untuk melakukan pengembalian tekanan minyak pada kaliper rem sehingga gejala roda terkunci saat dilakukan pengereman yang mengakibatkan selip pada mobil dapat terhindari.
Efek yang terasa pada saat rem ABS tersebut bekerja adalah getaran ataupun denyut pada pedal rem saat dilakukan pengereman mendadak, perawatan rem ABS cukuplah rumit dan hanya bisa dilakukan oleh bengkel–bengkel resmi, akan tetapi kita tetap diwajibkan melakukan perawatan rutin, seperti perawatan pada rem hidrolis biasa yaitu pengecekan ketinggian permukaan minyak rem serta ketebalan kampas rem, cek pula lampu indikator ABS pada dashboard yang seharusnya menyala pada saat kunci kontak diputar dan akan mati pada saat mesin menyala, serta lampu indikator tersebut akan menyala kembali pada saat dilakukan pengereman yang mendadak, namun apabila lampu indikator tersebut tidak bereaksi seperti yang telah disebutkan di atas maka segeralah untuk membawa mobil anda pada bengkel resmi terdekat.
Rem teromol adalah jenis komponen rem yang terdiri dari drum yang berisikan dua buah kampas rem kiri dan kanan, yang akan menekan secara bersamaan pada saat pedal rem diinjak, rem tersebut biasanya diaplikasikan pada mobil–mobil dengan tahun pembuatan lama, akan tetapi mobil–mobil modern masih menggunakan komponen rem tersebut dengan alasan untuk menghemat ongkos produksi dan dapat menekan harga penjualan, rem teromol memiliki kelemahan diantaranya adalah kurang pakemnya pada saat dilakukan pengereman serta rentan terhadap air dan kotoran, rem tersebut juga diwajibkan untuk melakukan penyetelan jarak kampas rem terhadap drum, tidak seperti rem cakram yang secara otomatis menyesuaikan jarak kampas dengan piringan, selain ongkos produksi yang murah rem teromol juga mililiki kelebihan yaitu mampu menerima beban kendaraan yang sangat berat, karena itu bis dan truck memakai rem teromol pada seluruh rodanya.