Konstruksi dan Ukuran Busa Helm, Vital Redam Benturan
Busa menyerap benturanBicara keselamatan, belakangan pemerintah getol
menuding biker sebagai biang kerok naiknya angka kecelakaan. Malah
banyak media ikut nyalahin biker dan pabrik motor. Katanya, motor
sebagai pembunuh manusia nomor satu. Dan cedera kepala paling banyak.
Pernyataan sembrono itu bisa dibantah. Itu jika peduli keselamatan saat
nyemplak kuda besi. Salah satu bagian terpenting, tentu saja
melindungi kepala. Selalu pakai helm full-face. Kaki atau tangan boleh
lecet atau patah, tapi gak bakal menyebabkan nyawa melayang. Tapi kalo
ndase terbentur atau bahkan pecah, minimal sampeyan gegar otak, atau
malah modar.
Dari...
Laser Siap Menggantikan Peran Busi
LONDON, KOMPAS.com - Keinginan para ahli otomotif menggunakan laser
sebagai pengganti busi untuk memicu pembakaran pada mesin bensin (bisa
juga bahan bakar gas) semakin mendekati kenyataan. Malah pada awal Mei
minggu depan, sebuah tim pada Konferensi tentang Lasers dan
Electro-Optics akan melaporkan bahwa mereka telah berhasil merancang
laser yang dapat digunakan untuk mesin bensin.
Tak kalah menarik, seperti yang diberitakan BBC, Inggris, sebuah tim
dari Jepang dan Rumania sudah siap berdiskusi memproduksi “busi laser”
ini dengan perusahaan produsen busi terkenal Jepang, Denso.
Targetnya,...
Keunggulan Aki Hybrid, Perpaduan Aki Konvensional dan Aki MF
Sekarang ini motor membutuhkan peran aki cukup dominan. Terutama
di yang transmisi matik. Ya, macam skubek githu! Meski dilengkapi
kick-starter, tapi tentu berat ngengkolnya kalau electric starter mati
gara-gara aki soak.
Apalagi kalau sudah alami kenaikan kapasitas silinder alias bore up.
Makin parah kalau mogok! Tentu gak bisa didorong. Untuk itu, produsen
aki juga coba mengikuti teknologi lewat keberadaan aki hybrid.
Aki tipe ini, merupakan perpaduan dari aki konvensional dengan accu
maintenance free (MF). Dari keduanya, diambil tiap keunggulannya.
Yaitu, timbel antimon yang ada...
Panas Knalpot untuk Mengirit BBM
Konsep memulihkan energi panas yang terbuat pada knalpot diubah menjadi
listrikKOMPAS.com – Dua pertiga - sekitar 66 persen – dari
energi bensin dan solar yang dibakar di dalam mesin, terbuang dalam
bentuk panas. Panas tersebut sebagian besar terbuang melalui knalpot,
sisa ke sistem pendingin (radiator).Nah, seperti Kinetic Energy
Recovery System (KERS) pada F1 atau rem regenaratif pada mobil hibrida,
para ahli juga ingin “memulihkan” energi terbuang tersebut untuk
dimanfaatkan kembali. Memang tidak mudah, namun para periset dari
perusahaan energi dan juga produsen mobil berusaha melakukan.
TEG
Seperti...
Perkembangan Teknologi Mesin, Tujuan Utama Hemat Biaya
JAKARTA - Awal '90-an, perkembangan mesin mulai merambat ke sistem
bahan bakar injeksi, lantas sistem pengapian pun semakin canggih dan
berkembang terus hingga kini. Tetapi dibandingkan dengan mesin bensin,
dapur pacu peminum solar boleh dibilang mengalami perkembangan sangat
drastis selama 20 tahun terakhir ini.
Mulai dari sistem pembakaran tak langsung, kemudian menjadi direct
injection, teknologi yang diterapkan pada mesin diesel terus melesat
dengan menerapkan peranti-peranti peningkat tenaga, dan tentunya
menjadi semakin efisien soal penggunaan bahan bakar.
Untuk mesin bensin, perkembangan yang cukup mencolok seperti berikut.
MULTIPOINT...
Sumber diambil dari :
http://www.automotivelearning.blogspot.com/search/label/AUTO%20TECH