Selasa, 18 November 2014

pengukuran komponen utama mesin

Pemeriksaan Lubang Silinder Blok Mesin

Saat mesin hidup piston bekerja naik dan turun di dalam silinder blok. Antara piston dan silinder blok tersebut terdapat celah agar oli dapat melumasi bagian piston dan silinder blok, dengan demikian piston tidak langsung bergesek terhadap  silinder blok melainkan dilumasi oleh pelumas yaitu oli. Pada prakteknya saat mesin baru dihidupkan, celah antara piston dan silinder blok ini cenderung kering dari oli. Istilah  umumnya dikatakan bahwa pelumasan belum naik ke mesin. Inilah alasan kenapa mesin harus dipanaskan sebelum digunakan untuk berjalan. Saat awal – awal penyalaan mesin atau mesi distarter maka terjadilah gesekan antara piston dan silinder blok. Tapi hal itu tak berlangsung lama, sebab tak lama kemudian oli segera naik dan melumasi celah antara piston dan silinder blok. Dalam pemakain sehari – hari kejadian di atas terjadi terus menerus saat mesin pertama kali dihidupkan (distarter) setiap harinya. Dan itu membuat terjadinya pengikisan antara piston dan silinder blok sedikit demi sedikit. Setelah beberapa tahun,  lama kelamaan pengikisan itu membuat celah yang semakin besar, sehingga mau tidak mau mesin harus overhaul dan piston serta lubang silinder harus dikorter. Sebelum menentukan perkorteran biasanya para mekanik akan melakukan pengukuran terlebih dahulu untuk mengetahui besarnya keausan yang terjadi. Setelah didapat hasil pengukuran, barulah langkah penentuan besarnya ukuran korter yang akan dilakukan.

Pengukuran untuk melihat apakah mesin harus dikorter meliputi dua hal; pertama adalah mengukur piston dan kedua adalah mengukur lubang silinder dari blok mesin. Untuk pengukuran piston akan saya jelaskan lain kali. Untuk saat ini saya akan menjelaskan cara mengukur lubang silinder. Pengukuran lubang silinder memerlukan peralatan:


Dial gauge
  1. Dial gauge
  2. Vernier caliper
  3. Micrometer

Langkah pengukuran lubang silinder:

  1. Ukur diameter lubang silinder dengan vernier caliper. Misal didapat pengukuran 52,60 mm, maka gunakan replacement rod 50 mm dan washer 3 mm.
  2. Setel micrometer pada ukuran 53 mm dengan tepat, jadi harus 53,00 mm.
  3. Tempatkan replacement rod dan measuring point pada micrometer. Lalu setel dial gauge pada nol ke arah jarum penunjukknya.
  4. Masukkan dial gauge ke lubang silinder, lalu gerakkan dial gauge sampai diperoleh penunjukkan jarum ke angka terkecil. Misal didapat hasil terkecil pengukuran 0,05 mm. Berarti hasil pengukurannya adalah 53,00 – 0,05 mm = 52,95 mm. kesimpulannya adalah lubang silinder berukuran 52,95mm.
  5. Lakukan pengukuran lubang silinder dalam arah samping (1) dan arah aksial (2) pada posisi paling atas (A) , posisi tengah (B), posisi paling bawah lubang silinder (C). Perhatikan gambar di bawah ini!Langkah pengukuran lubang silinder
  6. Catatlah hasil pengukuran! Lalu bandingkan hasil pengukuran dengan batas diameter maksimal lubang silinder berdasarkan pedoman servis dari kendaraan yang dilakukan pengukuran.

Setelah didapat hasil pengukuran tersebut, kit dapat menentukan kerusakan atau keausan yang mungkin terjadi. Bila lubang silinder tidak melebihi standar maksimum dari pedoman servis kendaraan, artinya piston  dan ring piston yang mengalami keausan  dan harus diganti. Dalam hal ini tidak perlu dilakukan korter bila ukuran lubang silinder masih dibawah ukuran maksimal servis.

pantai manggar balikpapan

PANTAI MANGGAR TEMPAT WISATA BALIKPAPAN YANG INDAH

Pantai Manggarmerupakan sebuah obyek /tempat wisata pantai di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Pantai ini disebut juga dengan Pantai Manggar Segarasari. Berlibur ke Kota Balikpapan belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke Pantai Manggar . Pantai dengan luas kurang lebih 13.000 M2 ini akan memanjakan mata pengunjung dengan kondisi Pantai yang bersih, indah serta ombak yang tidak terlalu besar. Para pengunjung pantai tidak akan merasa bosan dengan pemandangan alam yang sangat menawan.

Pantai Manggar Balikpapan berlokasi di Kel. Manggar dan Keritip. Jika ditempuh dari Bandara Internasional Sepinggan maka pantai ini berjarak 9 Kilometer dari Airport atau sekitar 21 Kilometer dari pusat kota Balikpapan. Pantai ini selalu ramai pengunjung terutama pada hari Libur / weekend dan Hari hari besar seperti Tahun Baru. Pantai ini dapat diakses melalui jalan utama dengan menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum nomor 7 di Kota Balikpapan.

Dengan pepohonan yang rindang di pinggir lokasi pantai, Pantai Manggarterasa sejuk bila dibandingkan dengan pantai pantai pada umumnya. Fasilitas yang disewakan di pantaipun tak kalah menarik. Jika ingin mencoba nyali maka banana boat bisa disewa disini. Selain itu speedboad dan berbagai jenis pelampung / ban karet juga tersedia. Jika ingin Volli Pantai atau bermain sepak bola, net dan bola juga ada di pantai Ini. Pantai ini sangat cocok untuk liburan sekeluarga yang menginginkan wisata pantai sebagai tujuannya.

Jika pengunjung merasa lapar atau tidak membawa bekal seusai bermain di Pantai, banyak penjual makanan yang menjajakan dagangannya dilokasi pinggir pantai. Disini pengunjung akan menemukan tempat duduk untuk istirahat tikar-tikar ala "lesehan". Ciri khas minuman pantai "es kelapa muda" juga ada disini, tentunya dengan berbagai makanan ringan atau "berat" sebagai pelengkapnya.

Berikut beberapa foto lokasi Pantai Manggar Balikpapan :






Pengikut